Senin, 05 Desember 2011

MAKNA FILOSOFIS DARI PAKAIAN DINAS HARIAN (PDH) PRAJA IPDN


1. Muts
- Warna dasar Muts adalah biru melambangkan bahwa seorang Praja itu berfikiran seluas langit, BerdisipIin murni dan kuat dalam arti seluas-Iuasnya sesuai dengan sumpah, janji dan kode kehormatan yang akan dipegang teguh sampal ajal.
- Pada Muts terdapat lis berwarna kuning melambangkan bahwa seorang Praja itu adalah seorang calon perwira Pemerintahan. Ketika lulus nanti ia akan langsung diangkat menjadi PNS golongan III/a.

2. Kewiraan
- Kata KEWIRAAN berasal dari kata wira yang berarti satria, patriot, pahlawan. Setelah mendapat awalan ke dan akhiran an dapat diartikan sebagai kesadaran,kecintaan,kesetiaan,dan keberanian membela bangsa dan tanah air indonesia dengan demikian pengertian dari pendidikan kewiraan adl usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dlm mengembangkan kecintaan,kesetiaan,keberanian untuk berkorban membela bangsa dan tanah air indonesia.
-Kewiraan letaknya di sisi kiri atas Muts, Kewiraan juga melambangkan bahwa seorang praja harus mempunyai jiwa kesatria yang selalu siap sedia menghadapi persoalan dan memiliki keluhuran Perwira sebagai Bhayangkari Negara di lingkungan pemerintahan

3. Dek/ Pangkat
- Dek terletak di pundak seorang Praja, ini memiliki makna bahwa seorang Praja memiliki beban dan tanggung-jawab yang besar di pundaknya dengan tingkatan muda,madya, nindya dan wasana  yang menjiwai Praja sebagai calon pemimpin, organisator, ahli strategi yang ulung dan matang serta dalam setiap tindakan selalu penuh dengan perhitungan, baik sebelum dan sesudah pekerjaan selesai.
- Setiap tingkatan praja memiliki jumlah bintang BASKARA yang berbeda di dek nya. Hal ini menandakan semakin tinggi tingkat dan pangkat seorang Praja maka akan semakin besar pula tanggung-jawab yang dipikulnya.
Untuk tingkat 1 (Muda Praja) memiliki balok satu.
Untuk tingkat II (Madya Praja) memiliki balok satu dan bintang Satu.
Untuk tingkat III (Nindya Praja) memiliki balok satu dan bintang dua.
Untuk tingkat IV (Wasana Praja) memiliki balok satu dan bintang tiga.

4. Monogram IPDN
Monogram IPDN terletak di atas kerah baju PDH. Monogram ini menandakan identitas dari IPDN.

5. Papan Nama
Papan nama disematkan di atas saku kanan baju PDH. Warna latar papan nama adalah hitam dan tulisan nama berwarna putih. Hal ini menandakan bahwa nama seorang Praja harus bersih di atas hukum

6. Lambang Korpri
-Lambang Korpri disematkan di atas saku kiri baju PDH. Lmbang Korpri menandakan bahwa seorang Praja selama pendidikan telah diangkat sebagai CPNS golongan II/a yang taat pada Pnca Prasetya Korpri sebagai dasar kearah cita-cita kemakmuran dan keadilan dalam Negara yang merdeka dan berdaulat.
-Lambang Korpri dan Papan Nama tidak disematkan sejajar melainkan Lambang Korpri disematkan lebih tinggi sedikit dari Papan Nama. Hal ini mengandung filosofi bahwa seorang praja harus lebih mementingkan masyarakat dibandingkan kepentingan pribadinya.

7. Bordiran Lambang IPDN
Bordiran Lambang IPDN terletak di lengan kiri baju PDH. Hal ini menandakan identitas lembaga IPDN.

8. Baju dan Celana
-Baju dan celana PDH memiliki warna coklat sama seperti warna tanah berarti  Berjiwa sosial dan kerakyatan tanpa memandang pangkat, kedudukan tetapi tumbuh bersatu dengan rakyat untuk menciptakan ketentraman dan kesejahteraan
-Baju praja didesain press body dan melebar pada ujung kaki maks.24 cm yang berarti Praja harus teguh pada prinsip tapi fleksibel pada implementasi.

9. Tali Ikat Pinggang dan Gesper
-Tali ikat pinggang Praja berwarna hitam menandakan seorang Praja terikat oleh hukum. Di atas gesper juga terdapat lambang IPDN yang juga menandakan identitas lembaga IPDN.

10. Sepatu
-Sepatu PDH praja berwarna hitam memiliki makna filosofi bahwa seorang Praja berdiri di atas hukum.

2 komentar:

Kec. Banawa mengatakan...

tu karikatur praja pdp koq pake baret menwa??
emangnya tu resimen mahasiswa??
emang kalian praja ato mahasiswa??
salam..
16.0726
bhinneka nara eka bhakti..

Anonim mengatakan...

Keseringan pake hambur sih, jd semua di campur aduk... Pakaian hambur malah bikin makna dan filosofi dari pakaian dinas itu akan hilang... salam...
16.0536

Posting Komentar